Rss

Sabtu, 20 April 2013

Yang Unik Sop Darah Ayam dan Bebek Khas Shanghai

Tentang menu unik sop darah ayam dan bebek adalah salah satu kuliner yang menjadi ciri khas Shanghai. Dengan mendengar namanya saja, tentu saja bisa membuat kita merasa geli, jijik, ataupun mual. Lalu bagaimana jika kita ditantang untuk mencicipinya?

Sop unik ini sesuai dengan namanya, terbuat dari darah ayam ataupun bebek yang disembelih hingga kehabisan darah. Seperti yang kita ketahui, China merupakan salah satu Negara yang terkenal dengan berbagai kuliner khasnya yang sangat enak. Pada saat sekarang ini, siapa yang tidak pernah menyantap Chinese Food?

Sop darah ayam dan bebek ini merupakan salah satu bukti dari Negara China yang berhasil membuat kuliner lezat, banyak, dan juga aneh. Oleh karena itu, banyak kuliner aneh yang terkesan menjijikkan ikut serta menghiasi negara yang dijuluki sebagai Negeri Tirai Bambu tersebut.

Di kota Shanghai, menyajikan sop darah ayam dan bebek ini adalah hal yang biasa saja. Sop ini menjadi salah satu menu shi liao atau makanan yang digunakan sebagai obat penyembuhan berbagai penyakit. Seluruh masyarakat China pun percaya jikalau dengan meminum sop darah ayam dan bebek ini dapat menambah darah di dalam tubuh kita. Sop ini memang terasa agak aneh dan tidak biasa bagi kita yang tinggal di Indonesia, tetapi rupanya tetap saja bisa memberikan sensasi rasa segar dan lembut ketika masuk ke dalam mulut dan dikecap lidah

Sop pada umumnya dibuat dari kaldu ayam ataupun sapi yang kemudian diberi campuran bumbu, potongan daging, sayuran, dan juga kacang-kacangan. Akan tetapi rupanya perebusan bukanlah merupakan suatu proses memasak yang umum hingga penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Namun sop darah ayam dan bebek ini memang jauh berbeda karena kuahnya yang terbuat dari darah itik atau angsa yang disembelih hingga kehabisan darah, kemudian baru dimasukkan sayur-mayurnya.

Jika dituang ke dalam sebuah mangkuk, maka sop ini akan beku, atau lebih tepatnya bertekstur menyerupai agar-agar dan jelly. Selain di China, sop darah ayam ini juga sudah terkenal di Thailand dan Vietnam.Kuliner inilah yang dipercaya bisa mengobati penyakit darah tinggi seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar